8 Tips Untuk Menemukan Gaya Pribadimu

22.16
Menemukan (dan memperbaiki) gaya (style) yang cocok untuk diri kita memang merupakan perjuangan – saya sendiri juga merasakan itu.

Kita semua pasti pernah mengalami hal ini – bahkan beberapa kali (jika anda tidak ingin memakai kata ‘selalu’) – melihat isi lemari pakaian yang penuh sesak, dan bingung memilih yang cocok untuk dikenakan.

menentukan gaya pakaian yang tepat



Baca juga:
Buat Pakaian Murah Anda Terlihat Mahal
Kesalahan Umum Wanita Saat Shopping
Seiring perkembangan fase dalam hidup kita, kita tersadar bahwa tentu tidak mungkin memakai sandal flat untuk ke kantor – kita membutuhkan pakaian yang lebih layak saat mendapatkan promosi jabatan – atau kita membutuhkan pakaian kerja yang lebih nyaman saat hamil, dll. Terlepas dari pada fase mana kita sekarang, beradaptasi adalah hal yang penting agar kita tetap dapat mempertahankan gaya pribadi yang kita sukai.

Mengapa ini penting?

Dampak dari menampilkan gaya pribadi anda jauh lebih besar dari hanya sekedar memberikan kesan pertama yang baik; memiliki gaya (style) yang menawan akan membuat anda menjalani hari dengan penuh percaya diri – selalu merasa cantik dengan apapun yang anda pakai. Dan percaya atau tidak, pemilihan pakaian – aksesoris – dan semua pernak-pernik yang tepat dapat membuat perbedaan yang besar.

Untuk dapat mencapai itu semua, anda harus benar-benar mengetahui apa yang anda sukai – apa yang cocok untuk anda kenakan – dan bagaimana cara berbelanja (shopping) yang baik. Dan saya telah merangkum 8 tips yang dapat membantu anda menemukan atau memperbaiki gaya pribadi anda agar terlihat semakin menawan. Sebagian besarnya adalah yang disarankan oleh Jamie Krell, seorang Fashion Stylish wanita terkenal di dunia.

Mari kita mulai...

Cara Menentukan Gaya (Style) Yang Paling Sesuai dengan Diri Kita

1. CARI INSPIRASI

Tulis nama-nama ikon (artis/orang terkenal) yang gaya berpakaiannya anda sukai. Lakukan sedikit riset di Google, Pinterest, atau Instragram untuk mendapatkan inspirasi bagaimana mereka berpenampilan.

Mungkin anda tertarik pada gaya minimalis dan bersih ala Dian Sastro, namun dengan dosis feminitas ala Raisa, dan sedikit gaya cuek ala Dinda Kanya Dewi. Mengumpulkan berbagai jenis inspirasi dari beberapa sumber adalah cara yang baik untuk mengetahui apa yang anda suka dan tidak suka.

kumpulkan gambar gaya artis atau orang terkenal yang difavoritkan

Tugas:
  • Buat board di Pinterest dengan judul "Personal Style Inspiration." (Tips: Ini bisa di-set secret board). Buat daftar lima selebritis atau orang yang anda favoritkan, lakukan pencarian cepat untuk masing-masing nama, dan pin gambar pakaian yang paling sesuai dengan anda.

Selesai?

Belum. Setelah itu, tuliskan semua elemen yang memiliki kesamaan pada mereka (foto-foto tersebut). Maka kemungkinan besar anda akan menuliskan karakteristik-karakteristik yang membuat anda merasa paling nyaman. Dan ini sangat penting – karena anda pasti akan terlihat serta merasa luar biasa jika anda nyaman dengan apa yang anda kenakan.

2. TATA ULANG LEMARI PAKAIAN

Perhatikan isi lemari pakaian anda dengan seksama. Keluarkan semua yang belum/tidak pernah anda pakai selama setahun terakhir. Dan anda dapat menata ulang dengan memilih gaya pakaian yang paling mencerminkan fase anda saat ini. Selanjutnya, singkirkan semua pakaian yang sudah tidak sesuai lagi dengan anda. Jika anda merasa ragu, sebaiknya sumbangkan saja pakaian-pakaian tersebut ke orang-orang terdekat anda.

menata lemari pakaian agar mudah menentukan gaya style anda

Tugas:
  • Mulai dari penjelasan di atas. Kemudian, siapkan beberapa kantong plastik besar. Pisahkan mana yang ingin anda sumbangkan (ke saudara atau teman) dan yang masih dapat anda jual kembali.
  • Saat lemari pakaian anda sudah bersih dari ‘barang-barang’ yang tidak anda butuhkan lagi – maka anda akan merasakan semakin mudah memilih pakaian dan aksesoris yang ingin dipakai.

Selengkapnya silahkan baca 10 Langkah Mudah Mengatur Lemari Pakaian




3. BERBELANJA SECARA CERDAS

Banyak wanita yang melakukan kesalahan-kesalahan fatal saat berbelanja (shopping). Papan kecil bertuliskan ‘Sale’ memang selalu terlihat menarik untuk didatangi. Hal yang secara sadar tidak sadar membuat kita akhirnya membeli item-item yang tidak kita butuhkan (tidak sesuai dengan gaya pribadi kita). Belum lagi jika anggaran kita terbatas – ini akan membuat kita akhirnya gagal membeli item pokok yang menjadi inti dari style yang ingin kita tampilkan.

hanya berbelanja item yang sesuai dan cocok dengan gaya anda

Ingat! Hanya keluarkan uang anda secara Royal pada item-item penting seperti; sepatu kulit, tas ber-merek, dan beberapa barang pokok lainnya. Sisanya, anda dapat sedikit lebih pintar dengan memilih barang- barang murah yang berkualitas bagus.

Lihat selengkapnya mengenai Rahasia Berbelanja Secara Profesional

Tugas:
  • Lain kali saat anda akan pergi berbelanja, perhatikan kembali board yang sudah anda buat di Pinterest. Mungkin ada beberapa tema item tertentu yang ingin anda coba – atau item khusus yang perlu anda beli.
  • Buatlah daftar item yang belum anda miliki, dan simpan itu dalam catatan pribadi anda (jadi anda tidak akan menyimpang jauh dari tujuan anda saat pergi ke mall atau butik langganan anda).

4. JADIKAN GAYA HIDUP & TUJUAN ANDA SEBAGAI PERTIMBANGAN

Penampilan yang sempurna seharusnya tidak hanya mewakili visi dan kreativitas anda, namun juga harus disesuaikan dengan gaya hidup. Pertimbangkan image seperti apa yang ingin anda perlihatkan kepada dunia. Anda tentu ingin gaya yang mencerminkan kepribadian anda, tapi itu juga harus disesuaikan dengan bidang pekerjaan anda – gaya hidup anda secara keseluruhan – masyarakat kota tempat tinggal anda – serta tujuan jangka panjang anda.

sesuaikan gaya style anda dengan gaya hidup dan keinginan

Apakah anda ingin pekerjaan yang lebih baik? Apakah anda mencoba untuk masuk dalam industri tertentu?

Pertimbangkan untuk memasukkan gaya pakaian dengan potongan tajam dan profesional jika anda menjalani wawancara di industri yang serius. Atau jika anda ingin bekerja di dunia fashion, maka tambahkan lebih banyak potongan yang sedang tren (tapi jangan terlalu banyak, karena tren selalu berganti). Jika lingkungan kerja anda santai, maka anda mungkin perlu membeli yang berbahan rajutan dan celana jeans.

Tugas:
  • Tuliskan semua situasi berbeda yang mungkin anda jalani dalam 1 minggu. Mulai dari saat anda bekerja – menghadiri pesta – makan malam dengan pasangan dan teman-teman anda – saat jalan-jalan santai – menghadiri acara-acara khusus – saat ke gym – dll.
  • Setelah itu kembali ke daftar tersebut setiap kali anda ingin mengatur lemari pakaian atau pergi shopping.
  • Jika suatu item (pakaian/aksesoris/sepatu/tas/dll) tidak dapat memenuhi beberapa daftar yang telah ada buat tadi, maka berarti anda tidak pantas membuang uang untuk membelinya.

Kuncinya adalah untuk menemukan item-item yang dapat di mix and match, yang bisa anda kenakan dalam beberapa situasi berbeda. Misalnya t-shirt bagus berbahan lembut – selain dapat dipakai ke gym, juga dapat anda kombinasikan dengan jeans dan blazer atau rok pesta untuk acara-acara santai. Berbelanjalah secara cerdas!

5. UKURAN GAUN ANDA TIDAK PENTING... TAPI PERCAYA DIRI ITU HARUS!

Tidak ada yang bisa melihat tag ukuran di bagian dalam gaun anda (dan sebenarnya, tidak ada yang peduli dengan itu!). Fokus kita seharusnya bukan pada fitting ke ukuran gaun yang sekecil mungkin.

Namun diakui atau tidak, siapa yang belum pernah membawa 2 ukuran berbeda ke ruang ganti – lalu dalam hati berdo’a semoga ukuran yang paling kecil yang pas? (saya mengaku sering seperti itu hihi..).

pilih pakaian yang membuat anda tampil gaya dan penuh percaya diri

Namun sebaiknya jangan terjebak dalam mindset (pola pikir) yang keliru tersebut terus menerus. Selalu memikirkan nomor pakaian tidak akan pernah membuat anda menjadi percaya diri – namun bagaimana anda merasakannya pada kulit anda itu lebih penting. Saat anda merasa nyaman, maka anda akan berdiri lebih tinggi – tersenyum lebih lebar – dan orang-orang memperhatikan kehadiran anda (dalam arti yang baik).

Atau seperti yang dikatakan Diane von Furstenberg, "Percaya diri. Jika anda memilikinya, maka anda dapat membuat semuanya terlihat baik." Jadi pakai apa yang membuat anda merasa percaya diri!
Aksesoris Pakaian
tas wanita murah baju atasan wanita
jam tangan wanita murah baju tidur wanita
dompet wanita terbaru model blazer wanita
6. MINTALAH SARAN/BANTUAN

Saat anda benar-benar memperhatikan kulit anda, maka anda akan mengunjungi dokter kulit. Jika anda ingin foto-foto hari pernikahan anda sempurna, maka anda pasti meminta bantuan seorang fotografer profesional. Dan hal yang sama ini juga berlaku untuk gaya (style) anda!

Jangan takut untuk meminta bantuan kepada seseorang yang profesional. Ingat, anda tidak harus membayar untuk stylist pribadi – kunjungi sebuah department store atau butik favorit anda, dan mintalah saran (pendapat) pada sales associates atau stylist disana. Mereka tahu apa yang mereka lakukan!

Tips!

Anda mungkin perlu bantuan penjahit untuk menyesuaikan pakaian anda agar benar-benar pas. Coba anda pikir, mengapa Kate Middleton bisa terlihat begitu chic walau hanya mengenakan celana jeans dan blazer? Jawabannya jelas – karena benar-benar pas tanpa cela.

Jadi tidak ada salahnya untuk mulai mencari bantuan dari penjahit profesional – karena ini dapat memastikan bahwa setiap item yang anda miliki dapat menunjukkan semua aset terbaik di diri anda!

7. KUMPULKAN AKSESORIS YANG TEPAT

Aksesoris adalah cara termudah untuk menyajikan setiap tampilan secara bersama-sama – terlepas dari image yang ingin anda tampilkan. Anda dapat memperbarui penampilan jeans dan t-shirt putih dengan memakai kalung tebal atau kalung berlapis – perhiasan kecil dengan gaun untuk merasa lebih feminin.

Sebuah manset telinga mewah atau cincin bertumpuk dapat memberikan kesan kuat secara instan, dan perhiasan mutiara dapat membuat anda terlihat seperti wanita terhormat (bangsawan) – dan ini semua dalam sekejab hanya dengan bantuan aksesoris.

pilih aksesoris yang sesuai untuk menegaskan gaya pribadi anda

8. PERCAYA NALURI ANDA DAN JADILAH DIRI SENDIRI

Hal yang paling penting ketika anda ingin mengembangkan gaya pribadi anda adalah – jujur pada diri sendiri. Jangan terfokus pada ukuran ataupun label desainer (ini hanya akan menghambat kreativitas anda!). Teruslah bereksperimen dengan pola, tekstur, aksesoris, dan sepatu yang berbeda.

Ini semua akan bermuara pada bagaimana anda merasa nyaman – gaya anda haruslah merefleksikan dan merayakan hidup anda, individualitas anda, dan kepribadian anda. Miliki gaya anda sendiri – banggalah akan hal itu – dan rangkulah fashion sebagai cara untuk mengekspresikan siapa diri anda dan akan menjadi siapa anda nantinya.

Dan diatara semua saran terbaik yang pernah diberikan oleh orang-orang hebat yang pernah saya dengar atau baca, ada satu yang ingin saya beri penekanan kepada anda, yaitu:

Berpakaianlah untuk pekerjaan/posisi/kondisi yang anda inginkan, bukan untuk pekerjaan/posisi/kondisi yang sudah anda miliki saat ini.



Percaya dengan selera anda sendiri dan pilih yang membuat anda merasa dalam keadaan paling baik. Sesuatu yang membuat anda percaya diri dan selalu merasa cantik tidak akan pernah salah. Dan orang-orang juga akan memperhatikan anda.

Apa tips yang sudah saya tulis di atas membantu anda? Sampaikan pendapat anda dalam kolom komentar.

Oya. bantu saya untuk membagikan artikel di atas, karena pasti akan bermanfaat bagi teman-teman anda, terima kasih...

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »

1 komentar:

Tulis komentar
15.53 delete

Terimakasih untuk sharing informasinya.. Punya karya desain yang keren2 tapi bingung dimana kamu bisa share di komunitas yang tepat? Bagikan saja desain kamu di fitinline.com. Gratis!

Balas
avatar