Lihat Bagaimana "Jalan Pintas" untuk Membuat Pria Terpikat & Ingin Cepat Berkomitmen!

Selengkapnya >>

Kulit Kering: Cara Mengatasi dan Merawatnya Dengan Benar

20.29
Bagaimana sih cara mengatasi kulit kering dengan cepat?

Anda mungkin sudah benar-benar merasa terganggu dengan kulit yang kering, kasar, terlihat bersisik, serta terkadang terasa gatal. Masalah yang ingin segera anda atasi – dan kalau bisa secepat mungkin.

Yah.., anda bukan satu-satunya – karena yang mengalami masalah kulit kering memang cukup banyak. Dan kebanyakan justru terjadi karena kesalahan-kesalahan yang dilakukan sendiri. Untuk diketahui, mengatasi kulit kering sangat terkait erat dengan bagaimana cara anda merawat kulit tubuh anda. Perlakuan yang anda lakukan terhadap kulit anda adalah kuncinya.

langkah cara mengatasi kulit kering

Di bawah ini saya sudah mengumpulkan beberapa tips seputar cara merawat kulit kering yang saya anggap terbaik – dan pastinya hasilnya dapat anda rasakan dengan cepat apabila benar-benar dilakukan secara tepat.

5 Langkah Cara Mengatasi Kulit Kering dan Kasar

1. Gunakan Air Agak Hangat bukan Air Sangat Hangat



Baca juga:
Atasi Tumit Pecah-Pecah Dengan Cara Ini
Apa Cara Merawat Wajah Anda Sudah Sempurna?
Mandi air hangat terkadang sangat menyenangkan dan membantu membuat rileks – apalagi jika kita sedang merasa penat ataupun lelah. Namun begitu, air yang sangat hangat (cenderung panas) adalah hal yang sangat buruk bagi kulit kering anda.

Air panas akan melarutkan minyak alami pada kulit tubuh anda – padahal minyak ini sangat penting sebagai penghalang yang membantu menjaga kelembaban kulit – membuatnya tetap halus dan lembab.

Karena itu, jika anda ingin mandi air hangat – pastikan agar tidak terlalu panas. Dan para ahli perawatan kulit juga menyarankan agar tidak lebih lama dari 10 menit ketika anda mandi. Setelah itu, keringkan tubuh anda dengan cara menepuk-nepukan handuk – serta gunakan body lotion.

2. Bersihkan Kulit Wajah Kering Dengan Lembut

Cuci muka anda dengan pembersih wajah non-sabun. Atau jika harus menggunakan sabun, maka pilih sabun lembut yang bebas wewangian dan tidak mengandung bahan aditif antibakteri – karena ini cukup keras bagi kulit wajah kering yang anda miliki.

Hindari pemakaian toner, astringent, dan produk pengelupasan kulit yang mengandung alkohol – karena ini dapat membuat kulit menjadi semakin kering. Saat anda memakai pembersih muka yang mengandung scrub (perlu untuk mengelupaskan sel kulit mati – tapi jangan terlalu sering), maka jangan terlalu keras menggosokkannya. Karena itu dapat mengiritasi kulit anda.

3. Bercukurlah Dengan Cerdas

Bukan hanya pria, wanita juga perlu bercukur secara rutin untuk menghilangkan rambut-rambut yang tidak diinginkan pada bagian-bagian tubuh tertentu. Dan kegiatan ini ternyata juga dapat mengiritasi kulit – mengelupaskan lapisan minyak alami dari kulit.

American Academy of Dermatology menyarankan waktu terbaik untuk bercukur adalah setelah mandi. Saat itu rambut-rambut pada tubuh anda menjadi lebih lembut dan lentur, sehingga akan semakin mudah untuk dicukur. Dan jangan lupa untuk selalu menggunakan krim atau gel cukur – dan mencukurlah ke arah tumbuhnya rambut untuk melindungi kulit kering anda.

Pastikan pisau cukur yang anda pakai masih tajam – karena silet yang tumpul dapat menyebabkan iritasi tambahan. Ganti pisau cukur anda sesering mungkin. Dan bersihkan dengan merendamnya ke alkohol jika anda menggunakan pisau cukur yang pernah digunakan sebelumnya.




4. Lindungi Kulit Kering Anda

Salah satu penyebab kulit kering, keriput, dan kasar adalah paparan sinar matahari. Untuk membantu mengatasinya, maka selalu gunakan tabir surya dengan SPF min. 30 setiap hari – atau gunakan pakaian yang melindungi kulit anda dari sinar matahari.

Untuk mencegah bibir pecah-pecah dan kering, gunakan lip balm. Dan hindari pakaian yang terlalu ketat saat cuaca sedang panas – serta selalu gunakan topi untuk melindungi kulit wajah dan leher anda saat berada di bawah matahari yang terik.

5. Gunakan Pelembab Dengan Benar

Produk pelembab untuk kulit kering tentu berbeda dengan pelembab untuk jenis kulit lainnya. Yang dianggap sebagai pilihan yang baik adalah pelembab kulit yang mengandung petroleum jelly.

Namun jika anda suka dengan pelembab wajah yang lebih berat, Leslie Baumann, MD – direktur Cosmetic Medicine and Research Institute di University of Miami menyarankan untuk memilih pelembab yang mengandung shea butter, ceramides, stearic acid, atau glycerin.



Terlepas dari produk pelembab yang anda pilih – rutinitas yang konsisten, rutin, dan benar dalam menggunakannya adalah yang paling penting.

Yang tidak kalah penting:

Walau anda sudah memakai pelembab, namun jangan lupakan pula untuk tetap menggunakan tabir surya dengan SPF 30 sebagai perlindungan tambahan bagi kulit kering anda. Ada beberapa macam tabir surya yang dapat anda temukan di pasaran – krim, gel, bahkan semprotan. Namun yang paling disarankan adalah tabir surya yang dalam bentuk krim.

Selesai..

Itulah tadi semua langkah-langkah yang bisa anda pakai sebagai cara mengatasi dan merawat kulit kering yang anda miliki. Apa yang tadi disebutkan juga termasuk untuk mengatasi kulit kering pada tangan dan kaki. Selamat mencoba!



Bagikan artikel di atas jika memang bermanfaat dan bisa membantu orang lain, terima kasih...

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »