Cara Menumbuhkan Rambut: 11 Tips Penting Untuk Diketahui!

17.44
Bagi anda yang sedang mencari cara menumbuhkan rambut, maka berikut ini adalah beberapa informasi dan tips mengenai pertumbuhan rambut yang harus anda ketahui!

Sengaja saya menambahkan kata ‘penting’, karena memang faktanya banyak informasi yang kurang akurat yang tersebar di internet – khususnya pada blog2/web2 yang menjual obat penumbuh rambut. Sebagian informasi yang diberikan mungkin benar, namun selebihnya kebanyakan adalah klaim yang terlalu berlebihan.

Karena itu, jika anda memang benar-benar ingin mengetahui bagaimana cara mempercepat pertumbuhan rambut, apa yang saya sampaikan di bawah ini akan sangat bermanfaat. Anda akan mengetahui kesalahan-kesalahan apa yang harus dihindari – dan langkah-langkah apa yang harus dilakukan agar helai-helai rambut baru dapat tumbuh lebih cepat.

11 tips cara menumbuhkan rambut

1. Ingat! Rambut anda tidak bisa tumbuh dalam semalam.



Baca juga:
Apa Minyak Kelapa Meningkatkan Pertumbuhan Rambut?
5 Cara Untuk Menghentikan Rambut Rontokmu!
Tentu saja semua menginginkan cara cepat menumbuhkan rambut – dan walaupun ada hal-hal yang dapat membantu, namun tetap saja itu membutuhkan waktu.

Mark Townsed, seorang penata rambut terkenal yang membantu Ashley Olsen memiliki rambut panjang hingga melewati pinggang mengatakan, “Umumnya rambut hanya bisa tumbuh antara ¼ inchi hingga maksimal ½ inchi dalam sebulan. Dan itupun hanya bisa diperoleh jika rambutmu benar-benar sehat dan tidak mengalami masalah rambut bercabang dan pecah-pecah”. Jadi intinya: anda tetap perlu bersabar.

2. Ironisnya, gunting rambut ternyata juga bisa membantu.

Secara logika mungkin ini sedikit berlawanan dengan tujuan kita yang ingin membuat rambut dapat tumbuh lebih cepat. Namun melakukan trimming (memotong/merapikan sedikit ujung rambut) secara teratur ternyata penting untuk dilakukan.

Tujuannya adalah untuk mencegah terjadinya rambut pecah-pecah sehingga tidak berkembang semakin parah. Townsed memberikan saran untuk memotong/merapikan ujung rambut anda setiap 10 hingga 12 minggu sekali – cukup dipotong sekitar 2 cm saja (pastikan anda mengatakan ini secara tegas ke penata rambut anda).

Selanjutnya, mari kita masuk ke bagian inti dari topik pembahasan dalam artikel kali ini.

Berbagai Cara Menumbuhkan Rambut Dengan Cepat

3. Gunakan kondisioner setiap kali anda keramas.

Pewarnaan dan penataan rambut yang menggunakan panas serta produk-produk kimia secara perlahan namun pasti akan merusak rambut – membuat helai rambut semakin tipis di bagian pangkalnya. Jika dibiarkan, maka ini akan membuat rambut anda mati – rontok – dan susah untuk tumbuh kembali.

Karena itu, jangan lupa untuk selalu menggunakan kondisioner setiap kali anda mencuci rambut. Kondisioner dapat membantu mengganti lipid dan protein yang hilang dalam batang rambut – juga membantu mencegah kerusakan karena menyelimuti kutikula rambut anda. Hal ini tentu akan menjamin rambut yang baru tumbuh tetap sehat, sehingga dapat mempercepat pertumbuhannya.

4. Jangan keramas setiap kali anda mandi!

Masih berdasarkan panduan dari Towsend, setiap kali anda membasahi rambut ketika mandi, itu tandanya anda harus menerapkan kondisioner di rambut anda – tapi bukan harus selalu menggunakan shampo terlebih dahulu.

Tujuan dari penggunaan shampo adalah untuk membersihkan rambut dari kotoran dan produk-produk penataan rambut yang anda pakai. Jadi anda tidak harus selalu mencuci rambut anda memakai shampo – karena hal ini justru dapat menghilangkan lapisan minyak alami yang melindungi helai-helai rambut anda.

Towsend mengatakan, “Saat anda memang benar-benar membutuhkan shampo, maka konsentrasikan hanya pada kulit kepala anda. Biarkan busa meluncur ke bawah melalui helai rambut, tidak perlu digosok, apalagi dengan keras”.

5. Lakukan perawatan rambut dengan minyak atau masker seminggu sekali.

perawatan minyak untuk mempercepat pertumbuhan rambut

Ini adalah salah satu tips mempercepat pertumbuhan rambut yang saya sendiri rutin melakukannya. Anda boleh memakai masker dari buah-buahan yang bersifat menutrisi serta melembabkan rambut – seperti masker dari buah alpukat. Namun saya pribadi lebih senang melakukan perawatan berbasis minyak. Dan anda juga bisa melakukan serta membuat campuran minyaknya sendiri.

Resepnya:
  • Campurkan 1 cangkir kecil minyak kelapa (Ingat ya! Minyak kelapa, bukan minyak goreng) dengan 1 sendok makan minyak almond – 1 sendok makan minyak macadamia – dan 1 sendok makan minyak jojoba.

Cara memakainya:
  • Pertama, basahi dulu rambut anda secukupnya (jangan sampai banyak menetes)
  • Lalu oleskan minyak secara merata ke seluruh rambut anda
  • Biarkan selama sekitar 10 menit, lalu lanjutkan keramas dengan shampo dan kondisioner seperti biasa
Kombinasi campuran minyak ini akan mengisi helai-helai rambut anda dengan asam lemak yang sangat dibutuhkan rambut – mudah diserap – dan tersegel dalam rambut anda ketika melakukan keramas. Lihat juga: 5 Cara Alami Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

6. Konsumsi suplemen yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.

Untuk menumbuhkan helai-helai rambut baru, tubuh anda membutuhkan banyak nutrisi penting – mulai dari kecukupan protein – hingga beberapa jenis mineral penting.

Agar rambut yang baru muncul di folikel kulit kepala anda dapat tumbuh dengan cepat dan sehat, Townsend menyarankan untuk mengkonsumsi Viviscal Extra Strength dan tablet biotin setiap hari. Sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mengetahui dosis yang tepat.



7. Menyisir layaknya rambut anda terbuat dari emas.

Selain dengan memilih sisir berkualitas yang terbuat dari bahan yang baik untuk rambut, cara anda menyisir rambut juga berpengaruh pada tingkat pertumbuhan rambut.

Saat anda menyisir rambut yang masih agak basah, mulailah dari ujung rambut anda terlebih dahulu. Naik secara bertahap hingga pada pangkal rambut anda (kulit kepala). “Kebanyakan orang akan mulai menyisir rambut dari pangkal rambut, dan ini adalah sebuah kesalahan”, kata Townsend.

8. Gunakan sarung bantal yang baik.

menumbuhkan rambut dengan cepat menggunakan sarung bantal satin

Banyak pakar kesehatan dan kecantikan rambut yang menyarankan untuk menggunakan sarung bantal berbahan kain satin berkualitas. Kain satin memiliki permukaan yang lembut – mencegah terjadinya gesekan yang berlebihan – ini dengan sendirinya akan lebih sehat bagi kulit kepala dan rambut yang baru tumbuh di kulit kepala anda.

9. Jangan pernah membungkus rambut dengan handuk tebal.

Saya yakin kebanyakan dari anda sama seperti saya – senang membungkus rambut dengan handuk setiap habis keramas. Namun berdasarkan apa yang saya ketahui, banyak diantara wanita yang salah dalam melakukannya.

Membungkus rambut dengan ketat di sekitar wajah (apalagi menggunakan handuk yang tebal), akan membuat helai-helai rambut halus di sekitar wajah anda (jidat dan pelipis) menjadi rentan untuk patah. Karena itu, pilih handuk tipis dari bahan yang lembut saat lain kali anda membungkus rambut setelah berkeramas. Dan pastikan tidak terlalu ketat membungkusnya.

10. Rutin merubah kuncir rambut anda.

Ini merupakan langkah mudah yang dapat membantu menjaga integritas pada helai-helai rambut anda. Agar pertumbuhan rambut dapat terjaga secara merata, maka jangan menguncir rambut anda di tempat yang sama terus menerus.

11. Bilas rambut dengan air dingin setiap mandi (keramas).




Sebagian dari anda mungkin ada yang sedikit ragu jika saya mengatakan jika ini adalah salah satu cara menumbuhkan rambut secara alami. Namun faktanya, banyak ahli yang mengatakan jika hal tersebut bukanlah mitos.

Air dingin akan membuat lapisan luar rambut menjadi lebih lembut. Ini dapat mencegah hilangnya kelembaban serta mengurangi kerusakan rambut akibat alat penata rambut yang menggunakan panas.

Semoga artikel 11 tips penting mengenai cara menumbuhkan rambut yang saya sampaikan di atas memberikan manfaat yang cukup bagi anda semua. Silahkan jika anda ingin memberikan komentar ataupun memiliki tanggapan, tuliskan dalam kolom komentar di bawah.

Bantu saya untuk membagikan artikel diatas karena pasti akan bermanfaat bagi orang lain, terima kasih...

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »