Warna Lipstik: Untuk Kulit Sawo Matang dan Lainnya!

03.27
Pernahkah terlintas pertanyaan di benak anda mengenai bagaimana cara memilih warna lipstik yang sesuai untuk kulit anda? Saya yakin sekali tentu anda pernah memikirkannya.

Secara umum, ada jutaan warna lipstik berbeda yang ditawarkan oleh berbagai produsen makeup di dunia ini. Memilih 1 hingga 3 yang benar-benar sesuai untuk anda tentu bukan perkara mudah – khususnya bagi anda yang benar-benar memperhatikan penampilan anda.

cara menentukan warna lipstik sesuai bentuk dan warna bibir

Saya pribadi memiliki beberapa warna lipstik favorit yang paling sering saya gunakan. Namun walaupun begitu, saya tetap menyadari bahwa tidak peduli seberapa senang saya dengan warna-warna tersebut – terkadang itu juga dapat merusak penampilan saya.

Alasannya?

Warna lipstik tersebut tidak matching dengan penampilan saya secara keseluruhan (gaya makeup dan gaya pakaian yang saya kenakan).

Jadi jika anda ingin mengetahui bagaimana memilih lipstik yang tepat untuk bentuk bibir maupun warna kulit anda – tentunya yang akan membuat anda terlihat lebih menawan – maka pastikan untuk membaca artikel ini hingga selesai!

7 Tips Cara Memilih Warna Lipstik Terbaik Untuk Penampilanmu

1. Bentuk Bibir


Baca juga:
Warna Lipstik Klasik Yang Abadi
Video Tutorial Makeup Bagi Kulit Gelap

Sebelum kita masuk ke pembahasan inti, ini adalah hal pertama yang harus anda perhatikan terlebih dahulu. Perlu diketahui bahwa ada trik tertentu dalam menentukan warna lipstik untuk bibir tebal maupun bibir tipis.

Secara umum, warna gelap akan membuat bentuk bibir anda tampak lebih kecil dan ringan. Sebaliknya, warna cerah akan membuat bibir anda terlihat lebih besar dan tebal. Jadi sebelum bingung memilih warna yang ingin anda beli, pastikan dulu apakah anda ingin menonjolkan bentuk bibir anda atau justru ingin meminimalkannya. Ini akan mempermudah langkah anda berikutnya.

2. Lipstik Untuk Pemakaian Sehari-Hari

Saat dalam proses memilih warna lipstik yang sesuai dengan kulit anda – pertimbangkan bahwa anda mungkin membutuhkan lebih dari satu warna untuk berbagai kesempatan. Anda mungkin menginginkan warna bibir untuk tampilan sehari-hari, untuk saat keluar malam, untuk menghadiri acara-acara resmi, dan sebagainya.

Khusus untuk pemakaian sehari-hari – pilihlah lipstik dengan warna beberapa tingkat lebih gelap dari warna alami bibir anda. Lipstik ini hampir selalu dapat diandalkan untuk membuat anda terlihat menawan di berbagai kesempatan.

3. Warna Hangat dan Dingin

Anda tidak akan bisa mengetahui bagaimana memilih lipstik yang sesuai dengan warna kulit anda jika anda sendiri tidak mengenali nada-nya!

Saya yakin anda pernah mendengar istilah “warna dingin atau warna hangat” sebelumnya, baik dalam panduan makeup ataupun penataan rambut. Jika anda tidak yakin dengan warna nada kulit anda, cara termudah untuk mengetahuinya adalah dengan melihat warna pembuluh darah pada pergelangan tangan bagian bawah anda di tempat terang. Jika terlihat kebiruan – maka itu artinya anda memiliki warna nada kulit dingin, dan apabila terlihat kehijauan – maka itu tandanya anda memiliki warna nada kulit hangat.


4. Lipstik Untuk Kulit Putih

Jika anda memiliki kulit yang cerah / putih, maka pilihan terbaik yang paling disarankan adalah warna-warna ringan seperti nude, pink, atau coklat terang.

Jika nada kulit anda dingin, maka warna lipstik yang tepat adalah warna nude atau warna mocha lembut. Dan apabila nada kulit anda hangat, maka yang tepat adalah lipstik dengan warna nude peach ataupun warna pink pucat.

Dan ada kalanya anda tentu ingin memakai lipstik dengan warna gelap untuk terlihat lebih mempesona. Namun secara umum, warna lipstik natural dan beige sudah cukup bagi anda yang memiliki kulit putih untuk terlihat menawan.

5. Memilih Lipstik Untuk Kulit Coklat (Sawo Matang)

Bagaimana dengan warna lipstik untuk kulit sawo matang?

warna lipstik untuk kulit putih, sawo matang, dan hitam

Bagi anda yang belum menyadarinya, sawo matang adalah warna kulit yang dianggap terbaik dan diinginkan oleh banyak wanita di dunia. Pilihan lipstik yang cocok juga lebih bervariasi mulai dari warna coklat, merah, fuschias, hingga warna peach.

Jika nada kulit anda hangat, cobalah warna-warna perunggu (bronze) ataupun warna tembaga (copper). Apabila nada kulit anda dingin, maka anda bisa memilih menggunakan lipstik dengan variasi warna pink ataupun cranberry.

6. Lipstik Yang Cocok Untuk Kulit Gelap

Selanjutnya adalah memilih warna lipstik untuk bibir hitam ataupun anda yang berkulit gelap.
Banyak pakar kecantikan yang mengatakan bahwa lipstik dengan warna merah gelap akan membuat bibir anda terlihat menawan. Jika nada kulit anda dingin, maka anda bisa mencoba warna ruby ataupun variasi warna-warna anggur. Dan apabila kulit gelap anda memiliki nada hangat, maka warna tembaga dan perunggu akan terlihat sangat pas.

Sebagai tambahan, beberapa orang yang berkulit gelap juga dapat terlihat cantik dengan memakai lipstik warna nude ataupun warna-warna yang lebih terang (tergantung bentuk bibir anda).

7. Terlepas Dari Semua Aturan

Terakhir, saya ingin mengingatkan bahwa panduan memilih warna lipstik yang sesuai dengan bentuk bibir ataupun warna kulit yang saya sampaikan di atas tidaklah benar-benar mengikat.

Ada kalanya anda tidak ingin warna bibir anda benar-benar sama dengan warna kulit anda, ataupun warna bibir anda sangat kontras dengan warna kulit anda. Keinginan setiap orang berbeda – walaupun tentu ingin selalu terlihat cantik dan menawan, namun tetap saja kita ingin merasa nyaman. Karena itu, silahkan bereksperimen. Pilih warna lipstik yang membuat anda merasa lebih baik.

Anda tidak harus menyetujui ataupun menolak apa yang telah saya paparkan di atas – walau faktanya itu semua adalah saran dari pakar-pakar kecantikan terbaik di dunia.

Jadikan saja itu sebagai patokan awal sebelum anda mulai bereksperimen memilih warna lipstik yang anda sukai. Dan semoga apa yang saya sampaikan di atas bisa membantu anda terlihat semakin menawan dengan pilihan lipstik yang tepat untuk anda. Good luck ladies!

Bantu saya untuk membagikan artikel diatas karena pasti akan bermanfaat bagi orang lain, terima kasih...

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »