Manfaat Madu Untuk Kecantikan: Kulit Wajah dan Rambut

11.41
Selain diketahui sebagai pemanis sehat yang sering dicampurkan dalam jamu, anda tentu juga sudah mendengar jika madu sangat baik untuk kecantikan. Dan pada artikel kali ini, saya akan mencoba membahasnya secara tuntas. Anda akan mengetahui apa saja manfaat madu untuk rambut dan kulit – serta bagaimana cara menggunakannya.

Dihasilkan oleh lebah yang meramunya dari nektar, serbuk sari, dan resin pada bunga – madu berkhasiat sebagai pelembab, mencegah penuaan, dan anti bakteri. Madu juga sarat akan nutrisi, antioksidan, dan berbagai senyawa yang bersifat sebagai penyembuh.

11 manfaat madu untuk kecantikan

Sebagai tambahan informasi, madu yang paling baik untuk digunakan dalam perawatan kecantikan adalah madu mentah (yang belum melalui proses pemanasan ataupun pasteurisasi). Jadi jangan menggunakan madu kemasan, tapi gunakan madu murni – karena mengandung lebih banyak antioksidan dan enzim fitonutrien aktif yang lebih berkhasiat.

11 Manfaat Madu Buat Kecantikan Kulit dan Rambut Anda



Baca juga:
Lihat Cara Merawat Wajah Yang Sempurna!
Perawatan Ini Membuat Rambut Sehat Bercahaya
Berikut ini beberapa cara penggunaan madu yang telah terbukti menjaga dan meningkatkan penampilan kulit serta rambut menjadi lebih cantik. Agar manfaat masker madu dapat lebih optimal, terkadang kita memerlukan campuran bahan alami lainnya.

1. Melembabkan Kulit

Madu merupakan humektan alami – yang dapat menarik kelembaban dari udara ke dalam kulit dan mempertahankannya pada lapisan yang paling membutuhkan. Ini akan menjamin kulit anda selalu dalam keadaan terhidrasi dengan baik.

Caranya:
  • Cukup oleskan madu mentah (murni) pada kulit yang kering, biarkan selama sekitar 15 hingga 20 menit. Setelah itu bilas bersih dengan air biasa.

2. Membersihkan Pori-Pori

Enzim yang terdapat dalam madu bersifat mencerahkan kulit dan menjaga pori-pori tetap bersih. Selain itu, sifat antibakteri pada madu jika ditambah dengan minyak jojoba atau minyak kelapa – maka ini akan mencegah penumpukan bakteri yang menyebabkan ketidakseimbangan kulit dan munculnya jerawat.

Caranya:
  • Aduk 1 sendok makan madu dengan 2 sendok makan minyak jojoba atau minyak kelapa (pilih salah satunya) sampai campuran rata.
  • Oleskan pada kulit wajah anda, pijat secara lembut dengan gerakan melingkar – hindari daerah mata. Setelah selesai, cukup bilas dengan air yang agak hangat.

3. Mengelupaskan Kulit Dengan Lembut

Madu kaya akan antioksidan, enzim, dan berbagai nutrisi yang menyehatkan, membersihkan, dan melembabkan kulit. Sementara itu, baking soda diketahui sebagai exfoliator alami lembut yang dapat menghilangkan sel-sel kulit mati – membuat sel-sel kulit baru yang lebih cerah tampil di permukaan.

Caranya:
  • Campur 2 sendok makan madu dengan 1 sendok makan baking soda.
  • Cipratkan sedikit air ke kulit anda (wajah ataupun tubuh), lalu gosok secara lembut menggunakan campuran tadi dengan gerakan melingkar. Jika sudah selesai, bilas dengan air biasa hingga bersih.

manfaat madu untuk kulit wajah

4. Menyamarkan Bekas Luka

Selain membantu mencerahkan kulit, senyawa anti-inflamasi dan antibakteri dalam madu juga dikatakan dapat menyamarkan bekas luka, mempercepat penyembuhan, dan meregenerasi jaringan kulit.

Sifat hydrating dari madu dan minyak kelapa atau minyak zaitun akan membantu menghidupkan kembali sel-sel kulit – dan pijatan lembut secara reguler akan meningkatkan sirkulasi untuk membantu pemulihan kulit dan pergantian sel.

Caranya:
  • Campurkan 1 sendok teh madu mentah dengan 1 sendok teh minyak kelapa atau minyak zaitun (pilih salah satunya). Oleskan pada bekas luka, lalu gunakan ujung jari anda untuk memijat dengan gerakan melingkar selama 1 – 2 menit.
  • Setelah itu, tutup kulit dengan washlap yang sudah direndam di air panas sebelumnya. Biarkan hingga washlap dingin. Lakukan ini setiap hari (sisa campuran dapat disimpan dan dipakai hingga habis).

5. Mengobati Jerawat

Diantara berbagai manfaat madu untuk wajah, mungkin ini yang paling banyak telah dicoba oleh orang-orang. Sifat antibakteri dan antijamur dalam madu memang efektif mencegah bakteri penyebab jerawat untuk berkembang. Selain itu, sifat anti-inflamasinya diketahui ampuh meredakan kemerahan dan iritasi pada kulit.

Caranya:
  • Cukup oleskan madu pada jerawat anda, lalu biarkan selama 10 hingga 15 menit. Setelah itu, bilas hingga bersih menggunakan air yang agak hangat.




6. Bilasan Mandi

Tidak hanya membantu melembabkan kulit, antioksidan yang terdapat dalam madu sangat baik untuk memperbaiki penampilan kulit anda dan melindunginya dari oksidasi serta polusi.

Caranya:
  • Encerkan 2 sendok makan madu mentah dengan mencampurnya ke dalam 1 cangkir air panas.
  • Setelah benar-benar larut, lalu tuangkan campuran tersebut dalam bak mandi (air hangat). Rendam tubuh anda seperti biasanya.

7. Mengobati Kulit Yang Terbakar Matahari

Terlalu lama terpapar sinar matahari yang terik dapat membakar kulit anda. Untuk mengatasinya, anda bisa memanfaatkan madu yang dapat mengembalikan hidrasi pada kulit hingga lapisan terdalam – dan lidah buaya yang dapat mencegah peradangan serta membantu menenangkan kulit.

Caranya:
  • Campurkan madu dengan gel (bagian tengah batang) daun lidah buaya. Perbandingan antara madu dengan gel lidah buaya adalah 1 : 2.
  • Oleskan campuran tersebut pada kulit yang terbakar matahari. Biarkan selama 5 – 10 menit, lalu bilas dengan air dingin hingga bersih.

Bagian manfaat madu untuk kulit sudah selesai, sekarang kita masuk ke bagian perawatan kecantikan rambut.

manfaat madu bagi keindahan rambut

8. Melembabkan Kutikula Rambut

Anda sudah paham jika madu sarat dengan nutrisi dan enzim yang menyehatkan serta menyembuhkan masalah pada kulit.

Khasiat itu jika ditambahkan dengan minyak kelapa sebagai kondisioner dan pelindung, serta asam asetat dari cuka sari apel yang melembutkan dan menyeimbangkan pH kulit – maka anda akan mendapatkan ramuan yang tidak hanya melembabkan kutikula, namun juga membuat pertumbuhan rambut anda tetap sehat.

Caranya:
  • Campurkan 1 sendok teh madu dengan 1 sendok teh cuka sari apel dan 1 sendok teh minyak kelapa.
  • Gosokan secara merata pada kutikula (rambut). Biarkan selama 5 sampai 10 menit, lalu bilas hingga bersih.

9. Kondisioner Rambut

Enzim dan nutrisi dalam madu mentah dapat mengembalikan cahaya pada rambut anda yang kusam tanpa membuatnya menjadi lepek. Sementara itu, nutrisi minyak kelapa dapat menembus hingga batang rambut, melembutkan kutikula, dan memberikan kemilau rambut yang anda dambakan. Hal ini sekaligus dapat membantu mengatasi rambut bercabang.

Caranya:
  • Campurkan 1 sendok makan madu dengan 2 sendok makan minyak kelapa.
  • Terapkan secara menyeluruh ke dua pertiga bagian bawah rambut yang telah dibasahi sebelumnya.
  • Mulailah dari ujung rambut terlebih dahulu, lalu ke atas. Biarkan selama 20 menit, setelah itu bilas dengan baik.

10. Meningkatkan Manfaat Shampo

Sifat humektan pada madu membantu mengatur dan mempertahankan kelembaban pada rambut. Selain itu, madu juga dikatakan dapat memperkuat folikel rambut untuk menjaga pertumbuhan rambut tetap sehat.

Caranya:
  • Campurkan 1 sendok teh madu dengan shampo favorit anda. Keramas rambut anda hingga berbusa seperti bisanya, lalu bilas hingga bersih.

11. Sebagai Highlight Rambut

Proses oksidase enzim glukosa dalam madu melepaskan hidrogen peroksida – senyawa yang diketahui dapat meringankan warna rambut – secara perlahan.

Caranya:
  • Campurkan 3 sendok makan madu dengan 2 sendok makan air, masukkan dalam botol spray.
  • Basahi sedikit rambut anda, lalu semprotkan campuran tadi secara merata.
  • Biarkan selama kurang lebih 1 jam, lalu bilas dengan air dingin hingga bersih. Lakukan hal ini seminggu sekali untuk hasil yang sempurna.



Bagaimana, mudah-mudah bukan cara mendapatkan manfaat madu bagi kecantikan rambut dan kulit yang saya sampaikan di atas? Semuanya sudah dibuktikan, dan saya sendiri juga pernah melakukan beberapa diantaranya. Jadi jangan ragu, cobalah! Anda akan merasakan khasiatnya.

Bagikan artikel tadi agar semakin banyak orang yang dapat mencobanya, terima kasih...

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »

2 komentar

Tulis komentar
rais aditya
AUTHOR
22.54 delete

artikel yg keren dan cukup lengkap...

Balas
avatar
Sandra Japa
AUTHOR
14.48 delete

Semoga bermanfaat ^_^

Balas
avatar