10 Cara Merawat Wajah: Langkah-Langkah Terbaik Untuk Dilakukan!

06.04
Apa cara merawat wajah yang anda lakukan selama ini sudah benar?

Bisa iya, bisa juga tidak.

Bagi wanita, merawat wajah adalah keterampilan mendasar yang harus dikuasai. Siapa yang tidak ingin selalu terlihat cantik? Tidak ada, semua menginginkannya! Bahkan uang jutaan rupiah sepertinya bukan masalah besar untuk dikeluarkan demi untuk satu kata, “CANTIK

Tidak peduli apakah anda memiliki tipe kulit kering, berminyak, kombinasi, sensitif, atau normal – artikel ini akan memberikan informasi yang anda butuhkan.

panduan cara merawat wajah yang baik dan benar

Dalam artikel kali ini anda akan mempelajari bagaimana cara merawat wajah anda agar putih, bersih, halus, dan bebas dari jerawat. Hasil akhirnya tentu anda dapat selalu terlihat awet muda. Saya telah mengumpulkan berbagai tips terbaik dan membaginya dalam langkah-langkah yang mudah untuk anda ikuti.

Untuk bisa memiliki kulit wajah yang selalu tampak cerah mempesona, anda harus:
  • Mengenali jenis kulit anda sendiri
  • Mengetahui cara yang benar dalam membersihkan wajah
  • Mengetahui cara  mengatasi jerawat dengan benar
  • Selalu memakai pelembab wajah
  • Tidak lupa menggunakan tabir surya
  • Mengetahui cara menyamarkan noda pada wajah
  • Bisa memilih makeup yang tepat
  • Jeli agar tidak tertipu iklan
  • Menghindari kebiasaan buruk yang bisa merusak kulit
  • Mengkonsumsi makanan yang baik dan mendapatkan istirahat yang cukup

Sekarang mari kita membahasnya satu-persatu secara lebih mendetail...

Tips Merawat Wajah Untuk Berbagai Tipe Kulit



Baca juga:
Benarkah Cara Anda Merawat Kulit Tubuh?

Tips 1: Kenali Jenis Kulit Wajah Anda!

Sebelum memulai ritual perawatan kulit wajah, hal pertama yang harus anda ketahui terlebih dahulu adalah jenis kulit yang anda miliki.

Ini nantinya yang akan membuat anda dapat menentukan cara terbaik untuk dipilih.

Jika anda memiliki kulit wajah yang:

  • Bersisik, pecah-pecah, atau kasar – itu tandanya anda memiliki jenis kulit kering
  • Mengkilap, lengket, dan mungkin memiliki pori-pori besar – itu tandanya anda memiliki jenis kulit berminyak
  • Kering di beberapa tempat (pipi) dan berminyak pada orang lain (dahi, hidung, dan dagu) – itu tandanya anda memiliki jenis kulit kombinasi
  • Terasa perih, terbakar, atau gatal setelah menggunakan makeup atau produk lainnya – itu tandanya anda memiliki jenis kulit sensitif
  • Tidak termasuk dalam semua kategori di atas – itu tandanya anda memiliki kulit normal

Tips 2: Bersihkan Kulit Wajah Dengan Benar


Setelah memahami jenis kulit anda, maka kita masuk ke langkah kedua, yaitu cara membersihkan kulit wajah.

Perhatikan!

Terlalu sering mencuci muka dapat membuat kulit anda menjadi kering.

Untuk kebanyakan orang – mencuci wajah 1 kali sehari sudah cukup. Anda dapat membilas wajah anda dengan air hangat/air biasa di pagi hari, lalu keringkan dengan cara menepuk-nepuknya menggunakan handuk lembut.

Anda dapat mencuci wajah anda di sore/malam hari setelah selesai beraktivitas. Gunakan pembersih wajah yang sesuai dengan kulit anda untuk menghapus semua kotoran dan makeup yang menempel di wajah anda.

Namun jika anda melakukan olahraga atau kegiatan berat yang membuat anda banyak berkeringat, maka anda harus mencuci wajah anda setelah selesai melakukan aktivitas tersebut. Namun pastikan anda memakai pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit.

  • Membersihkan Kulit Normal dan Kombinasi
Jangan memakai sembarang sabun untuk mencuci muka anda. Gunakan pembersih wajah atau sabun yang lembut untuk mencucinya – dan jangan pilih yang mengandung scrub.

Tidak perlu membeli produk yang mewah atau mahal, cukup yang cocok dengan anda. Bilas dengan air hangat dan keringkan dengan cara menepuk-nepukkan handuk kering. Jika setelah itu kulit wajah anda terlihat kering atau justru lebih berminyak, maka sebaiknya ganti pembersih wajah anda!

  • Membersihkan Kulit Kering
Jika anda memiliki kulit kering, maka gunakan pembersih wajah lembut yang tidak mengandung alkohol ataupun wewangian. Bahan-bahan tersebut dapat membuat kulit anda menjadi semakin kering.

Cuci wajah anda dengan lembut dan bilas dengan air dingin. Jangan gunakan air hangat, karena itu akan semakin menghilangkan minyak alami pada kulit anda.

Dan untuk membuat wajah anda terlihat lebih cerah dan putih merata, maka lakukan eksfoliasi (pengelupasan kulit) seminggu sekali untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati yang menumpuk.

Baca: Lihat Betapa Mudahnya Mengatasi Kulit Kering Anda

  • Membersihkan Kulit Berminyak
Salah satu cara merawat wajah berminyak adalah dengan memilih pembersih wajah berbusa yang bebas minyak. Bilas dengan air hangat yang banyak. Lalu setelah itu anda juga dapat menggunakan toner ataupun astrigent, namun gunakan dengan bijak – karena ini bisa mengiritasi kulit anda jika berlebihan.

Fungsinya adalah untuk menghilangkan ekstra minyak, membantu menjaga kulit tetap bersih, serta membuat kulit tidak terlihat mengkilap.

Pelajari: Tips Cepat Mengatasi Kulit Berminyak dengan Masker Wajah Putih Telur

  • Membersihkan Kulit Sensitif
Jika kulit anda cenderung sensitif, maka cuci dengan menggunakan pembersih yang sangat lembut (extra mild) – dan bilas dengan air hangat. Pastikan untuk menepuk-nepuk dan jangan digosok saat mengeringkannya.

Perhatikan!

Eksfoliasi dapat mengiritasi kulit sensitif. Hindari pemakaian produk yang memiliki kandungan alkohol, sabun, asam, ataupun wewangian. Pilih produk pembersih yang mengadung bahan-bahan yang bersifat menenangkan seperti lidah buaya, chamomile, teh hijau, dan gandum.

Semakin sedikit bahan dalam produk perawatan kulit anda, maka semakin baik itu bagi wajah anda.

Tips Tambahan: Pastikan Wajah Anda Bebas Makeup Sebelum Tidur

Selelah apapun anda, pastikan jangan pernah tidur dengan makeup masih menempel di wajah anda.

Tidur adalah waktu bagi kulit anda untuk beregenerasi. Sedangkan makeup yang anda pakai akan menyumbat pori-pori – sehingga kulit tidak dapat bernapas. Akibatnya? Jerawat!

Anda bisa memakai makeup remover jika memang benar-benar malas untuk mencuci wajah anda. Gunakan washlap lembut atau kapas untuk melakukannya. Dan jika anda sedang memakai obat jerawat, oleskan itu setelahnya. Obat jerawat akan bekerja lebih maksimal saat anda tidur dan kulit anda sudah benar-benar dalam keadaan bersih.

Tips 3: Cara Merawat Wajah Berjerawat

cuci wajah dengan benar sebagai bagian perawatan rutinSedikit Tentang Jerawat

Mengapa jerawat menjadi masalah kulit utama bagi kebanyakan remaja?

Pubertas membuat tubuh anda memproduksi lebih banyak hormon – hal yang menyebabkan produksi sebum (minyak yang dihasilkan pori-pori kulit) juga semakin meningkat.

Jika anda kurang baik dalam membersihkan wajah, maka sebum yang berlebihan apabila ditambah dengan sel kulit mati – ini akan membuat pori-pori kulit menjadi tersumbat. Saat pori-pori anda tersumbat, maka bakteripun akan terjebak di dalamnya. Dan ketika bakteri tersebut berkembang biak – maka saat itulah jerawat mulai tumbuh di wajah anda.

Cara Mengatasi dan Menghilangkan Jerawat

Perhatikan!

Jangan pernah memencet jerawat anda!

Memecahkan jerawat secara paksa dapat menimbulkan infeksi dan bekas yang permanen. Cara terbaik untuk mengatasi jerawat anda adalah dengan menggunakan produk-produk anti jerawat yang bisa anda dapatkan dengan mudah.

Ada yang dalam bentuk lotion, krim, gel, dan pad – anda bisa memilih yang mana saja. Dan yang paling penting, bersabarlah saat mengobati masalah jerawat anda. Mungkin diperlukan waktu hingga 8 minggu hingga wajah anda benar-benar bersih dan bebas jerawat. Ikuti pentunjuk penggunaan dengan benar.

Tips 4: Pastikan Untuk Memakai Pelembab


Beberapa orang mungkin berpikir jika mereka masih terlalu muda untuk memakai pelembab, atau kulit wajah mereka terlalu berminyak sehingga tidak memerlukannya.

Itu adalah sebuah hal yang salah, karena faktanya semua kulit membutuhkan kelembaban. Jadi gunakan pelembab setiap hari – tidak peduli apapun jenis kulit anda!

Cara terbaik untuk menggunakan pelembab adalah saat kulit wajah anda masih setengah basah – setelah selesai mencuci wajah ataupun mandi. Untuk anda yang memiliki kulit berminyak, anda bisa mencari produk pelembab ringan yang bebas minyak (oil free).

Tips 5: Selalu Gunakan Tabir Surya

Secara umum, produk pelembab wajah yang anda pakai memang sudah mengandung tabir surya. Namun begitu, memakai tabir surya secara terpisah adalah tindakan pencegahan terbaik yang disarankan oleh mayoritas pakar kecantikan.

Dengan semakin menipisnya lapisan ozon, kulit kita menjadi semakin rentan terhadap matahari. Sinar matahari dapat merusak kulit anda hanya dalam waktu 15 menit saja. Jadi jangan heran jika saat ini kasus kanker kulit semakin meningkat pada mereka yang masih berusia relatif muda, khususnya bagi yang memiliki kulit putih.

Jadi pastikan tabir surya selalu ada dalam daftar anda sehari-hari. Cari yang berfungsi untuk melindungi kulit dari UVA dan UVB dengan SPF minimal 30.

cara menghilangkan jerawat pada kulit wajah

Informasi Tambahan Seputar Cara Merawat Wajah Sehari-Hari

Tips 6: Menyamarkan Noda Wajah

Untuk membuat noda di wajah tidak terlalu terlihat, anda bisa menutupinya dengan memakai makeup bebas minyak. Foundation dapat membantu menutupi bercak jerawat yang besar, sedangkan concealer membantu menutupi area yang lebih kecil.

Gunakan concealer warna hijau untuk menyamarkan kemerahan – termasuk untuk menyembunyikan jerawat.

Beberapa krim berwarna dan concealer diketahui mengandung asam salisilat atau benzoil peroksida yang dapat meringankan masalah jerawat. Namun segera hentikan pemakaian produk apapun jika itu memperparah kondisi jerawat anda.

Tips 7: Pilih Makeup Yang Sesuai

Bagi anda yang memiliki kulit normal mungkin dapat lebih bebas dalam memilih makeup, walaupun anda tetap harus memikirkan yang terbaik untuk wajah anda.

Memakai produk makeup yang terdapat label "nonacnegenic" atau "noncomedogenic" (tidak menyebabkan jerawat dan komedo) adalah pilihan bijaksana, karena produk tersebut tidak menyumbat pori-pori.

Berikutnya adalah utamakan memilih makeup yang berbasis air dan bukan berbasis minyak.

Perhatikan!

Penting untuk diketahui bahwa sebagian makeup juga memiliki waktu kadaluarsa. Banyak wanita yang kurang memperhatikan hal ini.

Secara umum, produk riasan mata adalah yang pertama kali harus anda ganti/perhatikan. Maskara sebagai contohnya, sebaiknya digunakan tidak lebih dari 4 bulan – dan anda sudah harus membeli yang baru.


Tips 8: Jangan Termakan Oleh Iklan

Melihat kulit para model yang begitu sempurna dalam iklan televisi dan media cetak mungkin membuat anda ingin membeli produk yang ditawarkan.

Jangan mudah tertipu!

Dibutuhkan tim stylist dan para profesional untuk membuat mereka terlihat seperti itu. Ahli desain grafis dapat menghapus jerawat, bintik-bintik pada kulit, hingga merubah warna kulit dan rambut. Sedangkan ahli pencahayaan dapat mengatur cahaya dan bayangan untuk menonjolkan fitur terbaik dari seorang model.

Untuk sekedar informasi, hingga saat ini Inggris telah melarang beberapa iklan kosmetik yang ketahuan terlalu berlebihan dalam mengedit para modelnya.

Layak untuk dilihat: Selebriti Dunia Sebelum dan Sesudah Photoshop

Tips 9: Hindari Kebiasaan Buruk Yang Merusak Kulit

Untuk menjaga kesehatan kulit anda, maka anda harus menghindari semua kebiasaan buruk yang dapat merusaknya.

Jauhkan hairspray dan gel dari wajah anda karena dapat menyumbat pori-pori kulit. Jangan memakai ikat kepala ketat atau topi wol yang dapat mengiritasi kulit anda.

Dan bila anda bertanya-tanya mengenai cara merawat wajah secara alami agar awet muda, maka salah satunya adalah jangan merokok! Hal tersebut dapat memperpendek umur kulit anda serta membuatnya terlihat kuning dan kering.

Tips 10: Makan Makanan Yang Sehat dan Tidur Teratur

Yang terakhir ini adalah tips cara merawat wajah secara alami.

Demi mendapatkan kulit yang sempurna, maka anda harus pandai memilih makanan. Perbanyak konsumsi sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan produk susu rendah lemak. Pilih protein tanpa lemak seperti dada ayam, ikan, daging tanpa lemak, kacang-kacangan, dan telur.

Hindari makanan yang tinggi kolesterol, lemak trans, lemak jenuh, garam, dan gula.

Selain itu usahakan untuk selalu mendapatkan waktu tidur yang cukup demi menghindari lingkaran hitam pada daerah mata, munculnya garis-garis halus, kulit kusam, dan berbagai efek buruk lainnya yang diakibatkan oleh kurangnya waktu istirahat.

Bagaimana menurut anda? Apa ada yang masih perlu saya tambahkan? Jangan ragu untuk meninggalkan komentar ataupun bertanya jika anda memilikinya! So, good luck Ladies...

Bantu bagikan artikel diatas agar semakin banyak wanita yang dapat mengambil manfaatnya, terima kasih...

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »

8 comments

Tulis comments
Zhakiah, SE.
AUTHOR
12.01 delete

Cream zaitun bisa juga dipakai sebagai pelembab wajah,sangat cocok untuk semua jenis kulit.Ada yang hanya cream zaitun ada juga varian dengan tambahan susu kambing,minyak bulus,pegagan,habbatusauda dan green tea jadi makin maksimal fungsinya.

Balas
avatar
Sandra Japa
AUTHOR
12.59 delete

Terima kasih atas tambahan informasinya bu Zhakiah...

Balas
avatar
Unknown
AUTHOR
12.43 delete

Saya Punya kulit hitam.
bisakah kulit hitam itu menjadi putih sperti warna kulit laki2 pada umumnya.

Balas
avatar
Sandra Japa
AUTHOR
15.16 delete

Paling maksimal seperti kulit tubuh bagian dalam (yg tidak/jarang kena matahari). Itu patokan warna kulit paling cerah untuk masing2 orang.

Balas
avatar
Unknown
AUTHOR
09.17 delete

kulit dalam saya agak2 putih bersih mbak..cuman warna kulit dalam dan warna kulit muka agak jauh berbeda. warna kulit tangan juga putih sperti kulit dalam, cuman kulit wajah aja yg beda dari yg lain.

Balas
avatar
Sandra Japa
AUTHOR
12.28 delete

Sebelumnya pernah punya masalah jerawat yg agak parah ya? Rajin2 aja melakukan eksfoliasi (pengelupasan kulit) n' pilih krim pemutih wajah yang aman.

Klo mau yg pasti paten - langsung ke dokter kulit aja.

Balas
avatar
Unknown
AUTHOR
15.24 delete

Hi .. Aku sih lebih simple perawatan di Klinik Kecantikan ZAP, Harganya terjangkau.. hasilnya langsung kerasa di treatment pertama

Balas
avatar
Suherman
AUTHOR
17.01 delete

Sudah sangat bagus..
Kalau bisa di tambah lagi cara cara mengecilkan pori pori pada kulit wajah..

Balas
avatar