5 Obat Rumahan Untuk Atasi Kulit Kepala Gatal

14.49
Kondisi yang tidak menyenangkan ini dapat dipicu oleh berbagai penyebab. Karena itu, pengobatan rumahan rasa gatal pada kulit kepala ini dapat menjadi ide yang baik untuk mengatasi ketidaknyamanan dan rasa sakit yang mungkin juga ditimbulkannya.

Mengidentifikasi faktor penyebab utama adalah langkah pertama yang menentukan kesuksesan anda, namun begitu, perawatan buatan sendiri ini juga bertujuan untuk mengembalikan kondisi kebersihan pada kulit kepala.

Bacalah tips berikut ini untuk mendapatkan kondisi kulit kepala dan rambut yang sehat.


Baca juga:
Cara Meningkatkan Pertumbuhan Rambut
Perawatan Rambut Saat Musim Panas

Mereka yang sudah mengalami kondisi ini tahu pasti bahwa mengatasi rasa gatal pada kulit kepala jauh dari kata nyaman.

Dan karena banyaknya faktor pemicu, maka penting untuk menganalisa perawatan rambut yang rutin kita lakukan, juga kandungan dari produk perawatan rambut yang kita pakai, tidak lupa faktor-faktor eksternal lain yang mungkin juga mempengaruhi kesehatan kita.

Pengobatan rumahan kulit kepala gatal memberikan perawatan darurat untuk mengatasi ketidaknyamanan pada kulit kepala.

Sangat penting untuk mengetahui elemen pemicu utama yang biasanya seringkali karena reaksi alergi, ketombe, eksim, atau hanya masalah kekeringan.

Setelah menemukan penyebabnya, maka saatnya untuk mengambil langkah-langkah pengobatan yang tepat. Mengobati kulit kepala dengan bahan-bahan organik dan ritual spa yang menyegarkan sangatlah dianjurkan, baik ketika menderita gangguan pada kulit kepala maupun sebagai perawatan rambut alami untuk menutrisi rambut dan kulit kepala anda.

Berikut ini cara mengatasi dan menghilangkan rasa gatal di kulit kepala:

cara alami mengatasi kulit kepala gatal

1. Minyak Tea Tree

Pastikan anda memiliki dan menyimpannya di kamar mandi anda. Biasa digunakan dalam perawatan kecantikan sebagai salah satu solusi anti-inflamasi yang paling efisien, minyak tea tree juga dapat mengatasi gatal pada kulit kepala.

Perawatan ini direkomendasikan jika penyebab utama kondisi gatal tersebut adalah alergi atau eksim. Gangguan rambut tersebut seringkali disertai dengan kemerahan dan rasa gatal yang menyiksa.

Masukkan beberapa tetes minyak esensial ini ke segelas air hangat. Bersihkan rambut secara teratur dengan shampo dan kemudian siramkan larutan ini sebagai bilasan terakhir untuk menghindari efek samping tidak menyenangkan dari berbagai masalah kulit.

2. Cuka Sari Apel

Cuka organik adalah salah satu yang terbaik dan biasa digunakan sebagai pembersih dan antioksidan dalam perawatan kulit serta rambut. Karena tingkat keasamannya, maka ini dapat dengan mudah mencegah rasa gatal dan penyebaran masalah kulit yang dapat mempengaruhi kulit kepala kita.

Dalam kasus ini, maka ritual penggunaannya adalah sama seperti memakai minyak tea tree.

Setelah keramas, siramkan tonik yang dibuat dari 3 sdm. cuka sari apel dan segelas air hangat pada helai rambut. Pastikan itu juga mencapai kulit kepala anda dengan cara memijatkannya secara merata. Biarkan selama setidaknya 10 menit, lalu kemudian bilas bersih dengan air biasa. Namun anda juga boleh tidak membilasnya jika senang dan tidak merasa terganggu dengan aromanya.


Anda tidak akan menyangka jika 3 bahan alami ini ampuh mengobati kulit kepala yang gatal:

obat rumahan untuk kulit kepala gatal

3. Baking Soda

Obati kulit kepala anda dengan pengobatan kuno yang telah teruji selama puluhan tahun. Hal ini dapat mengembalikan keseimbangan kelembaban organisme dan juga memberikan kontribusi pada proses penyembuhan di kulit kepala.

Gatal bisa dihilangkan dengan baking soda, bahan organik ini memang memiliki manfaat kesehatan yang tak ada habisnya.

Untuk cara pemakaiannya sebagai bagian dari rutinitas perawatan rambut, cukup encerkan 2 sdm baking soda dalam segelas air hangat, lalu siramkan pada kulit kepala sebagai bilasan.

Dianjurkan untuk membiarkannya selama 10 menit agar memperoleh efek yang maksimal. Sambil menunggu anda dapat memijat-mijat kulit kepala anda. Setelah itu bilas sampai bersih dengan air biasa.

4. Minyak Zaitun

Bahan alami ini dapat digunakan sebagai cara sempurna untuk mengobati kulit kepala yang gatal. Bermanfaat baik untuk kulit serta folikel rambut, minyak zaitun dapat digunakan sebagai perawatan yang tepat untuk berbagai gangguan yang mempengaruhi keseimbangan organisme.

Karena sifat anti-jamur dan kandungan antioksidannya, minyak ini dapat mengatasi kondisi yang tidak menyenangkan pada kulit kepala.

Untuk mendapatkan efek yang diinginkan, oleskan masker minyak zaitun pada helai rambut secara merata, lalu pijat-pijat secara perlahan untuk meratakannya pada kulit kepala anda. Tutup rambut dengan topi mandi dan biarkan selama 10-12 menit, kemudian bilas dengan air hangat yang akan membantu melarutkan minyak. Lakukan prosedur ini setidaknya 2 kali setiap minggu.


5. Jus Tomat

Mungkin terdengar mengejutkan, tapi jus tomat tidak hanya lezat, namun juga dapat memberikan efek ajaib pada kulit kepala yang gatal. Bahan alami ini paling baik digunakan dalam bentuk yang paling murni dan bukan seperti yang ditawarkan di toko-toko yang telah diberikan elemen tambahan. Untuk itu hancurkan 3-4 tomat dan ambil sarinya, taruh dalam mangkuk sedang.

Tuangkan pada helai rambut hingga kulit kepala anda, lakukan sambil memijatkannya ke kulit kepala anda. Teruskan langkah ini setidaknya selama 4-5 menit. Lalu tutup rambut dengan handuk dan biarkan selama 10 menit. Sebagai langkah terakhir, bilas dengan air hangat dan gunakan shampo organik untuk membersihkan sisa-sisa jus tomat.

Bagikan artikel ini ke teman atau sahabat anda ... mereka pasti menyukainya.

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »

1 comments:

Tulis comments
Tia
AUTHOR
14.28 delete

Thanks untuk infonya

Balas
avatar