Berbelanja Layaknya Seorang Profesional - Mau?

18.30
Berbelanja atau ‘shopping’ seringkali menjadi kegiatan yang paling santai dan menyenangkan untuk melewati hari yang panjang, walau tidak setiap kali berbelanja anda bisa menemukan barang-barang yang “wah”. Jika ingin meningkatkan pengetahuan anda, maka cobalah bagaimana berbelanja seperti para profesional.

Bantuan dari beberapa tips hebat ini dapat membuat pengalaman shopping anda menjadi lebih menyenangkan dan jauh lebih bermanfaat.


Lihat juga:
Lihatlah rahasia berbelanja secara profesional yang dapat ‘meng-upgrade’ isi lemari pakaian anda dengan belajar bagaimana cara memilih barang yang tepat pada waktu yang tepat.

Tentunya semua ini untuk melengkapi gaya keseharian anda sekaligus untuk dapat menghemat uang anda.

10 Tips Shopping ala Profesional Shoppers

1. Hanya Beli Apa Yang Anda Suka

Keputusan untuk membeli harus didasarkan pada reaksi awal anda terhadap barang tersebut dan apakah barang tersebut akan cocok/serasi dengan isi lemari pakaian anda yang lain.

Yang paling jelas dari semua rahasia berbelanja para profesional adalah hanya membeli pakaian dan aksesoris yang anda sukai, dimana anda dapat melihat diri anda memakainya dengan perasaan senang.

Membeli sesuatu yang kurang terlalu disukai itu hanya membuang-buang uang saja, lebih baik menambahkan sedikit uang untuk membeli item yang lebih mahal dimana anda akan benar-benar menyukainya dan pasti akan mengenakannya.

2. Ikuti Perkembangan Terbaru Dari Toko Favorit Melalui Media Sosial

Sekarang adalah era internet dan media sosial. Karena itu mulailah mem-‘follow’ toko-toko favorit anda di Facebook, Twitter, dan G+, dan jangan lupa untuk mendaftar pada koran online (newsletter) mereka!

Anda akan mendapatkan berita tentang koleksi-koleksi terbaru dan model-model yang akan diluncurkan. Cara lain untuk menambah pengalaman belanja anda adalah dengan menggunakan aplikasi kupon yang dapat menghemat uang anda.

tips cara berbelanja ala profesional

3. Pilih Celana Yang Benar-Benar Pas Di Pinggul dan Pinggang Anda

Walaupun mayoritas kita sudah mengetahui ini, namun beberapa orang masih saja kurang puas dengan celana yang kepanjangan yang perlu dipotong.

Salah satu rahasia belanja paling penting dari para profesional adalah - bahwa sedikit reparasi mutlak diperlukan jika anda ingin terlihat sempurna. Jadi fokuskan mencari celana yang pas di pinggul dan pinggang anda, dan carilah merek-merek itu lagi saat lain kali anda berbelanja.

4. Jangan Menghindari Bagian Pria dan Anak-Anak

Jika anda menyukai penampilan dengan sedikit sentuhan maskulin, maka tidak ada salahnya anda coba menelusuri bagian pakaian laki-laki juga setelah anda selesai pada daerah pakaian perempuan.

Anda tidak akan pernah menduga apa yang dapat anda temukan, dan jika anda memiliki tulang yang kecil, anda juga harus memeriksa bagian anak-anak. Lewati bagian yang berlabel ‘junior’, tapi periksa bagian yang lainnya, siapa tahu anda menemukan sesuatu yang berharga.

5. Mencoba Pakaian di Rumah

Bila anda merasa membuat keputusan yang salah karena 'tekanan' (teman atau saudara), maka jangan buru-buru merasa seolah-olah anda harus membuat keputusan saat itu juga. Sebagian besar toko memiliki kebijakan pengembalian barang yang baik.

Cobalah pakaian tersebut di rumah, dimana anda dapat melihat apakah mereka dapat cocok dan serasi dengan isi lemari pakaian anda yang lain. Ini juga merupakan salah satu rahasia belanja terbaik dari para profesional.

Anda mungkin jadi perlu bolak-balik ke toko pakaian, tapi ingatlah bahwa anda hanya perlu untuk memiliki apa yang memang benar-benar anda sukai.

6. Jangan Menghabiskan Uang Terlalu Banyak Untuk Barang Diskon

Ketika musim diskon dimulai, pembelian yang membabi-buta adalah ide yang buruk. Hanya karena anda mendapatkan potongan yang besar untuk item tersebut, bukan berarti bahwa anda memang membutuhkannya.

'Membuang uang' sedikit disini dan sedikit disana untuk pakaian yang sebenarnya tidak terlalu anda sukai akan mengurangi anggaran anda ketika anda menemukan item yang benar-benar menakjubkan.

rahasia cara profesional untuk berbelanja

7. Jangan Pernah Percaya pada Label Ukuran

Saat anda mengacuhkan anggapan bahwa semua ukuran universal (seragam), maka anda akan merasa jauh lebih baik.

Carilah yang benar-benar pas dan jangan pernah menekan diri anda untuk pakaian yang dikatakan sesuai ukuran anda, padahal jelas-jelas tidak pas. Merasa sedikit lebih percaya diri dalam hal ukuran pakaian juga merupakan salah satu rahasia para profesional ketika berbelanja.

8. Berkomunikasi Dengan Tenaga Penjualan

Wiraniaga (SPG) seringkali terlalu bersemangat dan sedikit menjengkelkan, namun anda tidak perlu benar-benar mengabaikan mereka saat sedang berbelanja.

Coba cari satu orang yang tidak terlalu ambisius dan selalu memberikan pujian pada setiap item yang anda coba. Jika anda dapat mengembangkan komunikasi yang baik dengan salah seorang “sales promotion”, anda mungkin bisa mendapatkan akses ke pre-sales untuk koleksi-koleksi terbaru!

9. Ekstra Hati-Hati Ketika Membeli Barang Vintage

Menerima kekurangan dan perubahan kecil ketika anda membeli pakaian vintage adalah merupakan salah satu rahasia terbesar para profesional saat shopping. Namun pastikan anda hanya membeli pakaian vintage yang memiliki desain abadi dan benar-benar pas di tubuh.

Membeli pakaian untuk nanti, saat anda berpikir anda dapat mengurangi berat badan, adalah salah satu resep untuk rasa kecewa. Hal ini bahkan bisa lebih buruk lagi bagi pakaian vintage yang anda beli tersebut - yang mungkin memerlukan perawatan ekstra, sementara anda membiarkannya menjadi pengumpul debu di lemari anda.

10. Bayar Dengan Tunai Untuk Menghindari Pengeluaran Berlebih

Merencanakan shopping sejak awal adalah ide yang baik, dan anda dapat mengambil satu langkah lebih jauh dengan hanya menggunakan uang tunai saja.

Kecuali anda mendapatkan kesempatan sekali dalam seumur hidup untuk sebuah barang yang memang anda inginkan, maka jangan pernah sentuh kartu kredit anda. Ingat! Berhenti membeli ketika anda kehabisan uang tunai.

Anda juga dapat menghindari membeli secara 'sembrono' jika anda pergi berbelanja saat keadaan toko tidak terlalu ramai. Rencanakan untuk berbelanja di awal minggu atau saat pagi hari.



Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »