Lihat Bagaimana "Jalan Pintas" untuk Membuat Pria Terpikat & Ingin Cepat Berkomitmen!

Selengkapnya >>

10 Tips Untuk Membuat Makeup Anda Tahan Lama

15.00
Semua wanita tentunya ingin agar makeup yang dipakainya selalu terlihat sempurna sepanjang hari. Lalu, adakah cara untuk membuat make up kita tahan lama - sehingga tidak perlu sering-sering "touch-up" untuk memperbaiki makeup yang luntur atau sedikit berantakan?

Memang dibutuhkan lebih banyak usaha dan waktu, namun hal ini sangat layak untuk anda lakukan. Selain berhenti memakai makeup dengan cara terburu-buru di pagi hari, beberapa panduan terbaik di bawah ini akan membantu anda mendapatkan tampilan makeup yang baik dan tahan lama:

tips membuat makeup bertahan lebih lama

Lihat beberapa cara sederhana untuk membuat make up anda terlihat lebih baik dan tetap sempurna dari pagi hingga malam hari dengan usaha yang jauh lebih sedikit.

Trik Agar Makeup Lebih Awet Menempel Pada Wajah Kita

1. Eksfoliasi Berdasarkan Tipe Kulit

Memastikan kulit wajah selalu bersih dari sel-sel kulit mati adalah cara pertama untuk membantu makeup dapat menempel di kulit wajah anda lebih lama.

Melakukan pengelupasan kulit dua kali seminggu adalah hal yang tepat untuk dilakukan (bagi kebanyakan orang), namun bagi yang memiliki kulit sensitif - maka lakukan eksfoliasi seminggu sekali untuk menghindari terjadinya iritasi pada kulit.

Sebagai alternatif, coba selingi penggunaan scrub berbahan keras dengan yang lembut - atau gunakan exfoliator kimia yang memiliki kandungan AHA jika scrub masih terlalu keras bagi kulit anda.

2. Biarkan Pelembab Wajah Meresap Secara Sempurna

Tunggu hingga pelembab wajah yang anda gunakan meresap dengan sempurna sebelum memakai makeup. Jika kulit wajah anda cenderung berminyak, maka melewatkan pelembab di 'Zona T' adalah cara yang baik untuk memastikan anda tidak berlebihan menggunakan pelembab.

Perhatikan!

Tidak peduli seberapapun sedikitnya anda mengoleskan pelembab pada wajah - anda tetap harus menunggu sekitar 15 menit sebelum menuju langkah berikutnya, yaitu mengenakan makeup.

3. Gunakan Primer Dengan Benar

Silicone primer membuat minyak alami pada kulit anda tidak merubah tekstur makeup. Selain itu, primer juga membuat permukaan kulit menjadi lebih halus sebelum anda menerapkan foundation.

Anda bisa memakai primer yang berbeda untuk area mata, namun jika anda menggunakan satu macam primer (umum) saja - maka ini juga sama baiknya. Fokuskan pada bibir, dagu, dan juga pada area kelopak mata. Untuk membantu makeup anda menempel secara sempurna dan tahan lama, maka cara peng-aplikasian primer yang terbaik adalah dengan menggunakan jari anda.



4. Cara Membuat Foundation Tahan Lama

panduan makeup agar dapat tahan lama

Beberapa foundation diketahui lebih baik dalam membuat makeup terlihat tetap sempurna selama seharian penuh. Foundation dewy atau sheer adalah pilihan tepat yang akan memberikan hasil sesuai dengan keinginan anda, sayangnya - tidak terdapat cukup banyak pilihan untuk berbagai warna kulit.

Untuk mensiasatinya, anda bisa menggunakan sikat foundation sintetis untuk mencampurkannya di punggung telapak tangan anda dalam jumlah kecil. Setelah mendapatkan warna yang sesuai keinginan, maka anda bisa menggunakan tisu atau spon bersih untuk menempelkannya pada kulit wajah anda.

5. Jangan Berlebihan Memakai Concealer

Menggunakan sedikit concealer mungkin adalah salah satu tips yang terbaik untuk membuat make up dapat bertahan lebih lama. Anda dapat memastikan tidak menutupi terlalu banyak area kulit dengan menggunakan kuas eyeliner runcing.

Alat sederhana ini membantu anda mendapatkan hasil yang sesuai keinginan, tapi tetap hindari menggunakan terlalu banyak concealer di wajah anda, karena itu adalah salah satu produk yang paling terlihat ketika anda memakainya dalam waktu yang lama.

6. Buat Riasan Mata Anda Tetap Di Tempatnya

Saat merias mata, primer adalah yang paling banyak digunakan oleh sebagian besar ahli makeup, namun sebenarnya ada trik lain yang dapat digunakan untuk memperpanjang umur riasan mata anda. Oleskan eyeliner tahan air dan gunakan bedak eye shadow di atasnya untuk membuatnya lebih tahan lama.

Menggunakan maskara tahan air juga adalah tips terbaik lainnya, namun jika anda tidak ingin kesulitan saat menghapusnya, maka gunakan hanya sedikit saja, yaitu pada ujung bulu mata, sisanya anda dapat menggunakan maskara biasa.




7. Gunakan Pensil Mata Tahan Air

Walaupun anda menyukai eyeliner cair, salah satu trik terbaik membuat make up tahan lama adalah dengan tidak menggunakannya sendirian. Yang terbaik, gunakan pensil eyeliner tahan air dan menambahkan sedikit eyeliner cair di atasnya untuk menyempurnakan hasil akhirnya, ini memperkecil kemungkinan terjadinya kesalahan yang membuat mata anda belepotan eyeliner.


panduan membuat makeup dapat bertahan lama

8. Perawatan Untuk Bibir Anda

Lip balm digunakan untuk melembabkan bibir, jadi gunakan itu seperti anda menggunakan pelembab! Jangan memakai terlalu banyak dan biarkan selama 10 menit sebelum anda menggunakan lipstik. Gunakan tisu satu-lapis dan secara lembut hapus kelebihan lip balm sebelum menerapkan pewarna bibir.

Lipstik matte dapat bertahan lebih lama, jadi pertimbangkan untuk menghindari warna-warna mengkilap jika prioritas anda adalah untuk membuatnya bertahan lebih lama. Anda juga harus menerapkan lip liner transparan sebagai dasar lainnya agar warna lipstik terlihat lebih baik dan tahan lama.

Lihat juga: Cara Memilih Warna Lipstik Yang Paling Cocok Untuk Kulitmu

9. Pemerataan Adalah Kuncinya

Salah satu trik yang terbaik membuat make up dapat bertahan lama adalah untuk terus meratakannya selama 20 detik lebih lama, bahkan jika anda merasa bahwa semuanya sudah tampak sempurna. Selain membuat penampilan lebih baik, pemerataan juga membantu makeup lebih menyatu dengan kulit anda.

10. Gunakan Bedak Transparan Dengan Benar

Memakai bedak yang lebih gelap diatas foundation yang lebih terang adalah salah satu rahasia mencegah penampilan anda terlihat bopeng-bopeng (penuh bercak). Namun begitu, banyak penata rias yang  lebih memilih bedak transparan. Gunakan kuas bedak besar untuk mendapatkan efek terbaik dan fokuskan pada area T-zone ketika anda menerapkan sentuhan akhir.

Bagaimana? Semoga bisa bermanfaat bagi anda semua...

Bantu saya untuk membagikan artikel diatas karena pasti akan bermanfaat bagi orang lain, terima kasih...

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »