Semua Wanita Single Perlu Tahu Hal Ini...
(Terutama bagi Anda yang sudah berusia 24 tahun ke atas)

Lihat apa itu >>

Cara Mengatasi Rambut Bercabang: Panduan Lengkap!

04.30
Rambut bercabang adalah masalah susulan yang dialami oleh mayoritas mereka yang memiliki tipe rambut kering. Jika ini adalah masalah yang sedang anda hadapi, maka anda masuk dalam artikel yang tepat. Karena saya akan menyampaikan berbagai cara mengatasi rambut bercabang yang saya ketahui, tentunya yang telah terbukti 100% dapat membantu menghilangkan rambut bercabang dengan cepat.

Seperti berbagai tips perawatan rambut lainnya yang telah saya sampaikan dalam blog Tips Magz Indonesia ini, kali ini saya juga lebih menekankan pada cara-cara alami yang pastiya aman bagi rambut anda.

Namun sebelum kita ke pokok bahasan mengenai cara menghilangkan rambut bercabang, ada baiknya anda mengetahui apa saja hal yang dapat membuat rambut kita menjadi pecah-pecah atau bercabang. Ini sangat penting agar anda dapat memilih metode terbaik untuk mengatasinya dengan mudah.

cara mengatasi rambut bercabang secara alami

Penyebab Rambut Bercabang
  • Terlalu sering mencuci rambut
  • Rambut terlalu sering terpapar panas matahari, debu, dan polusi
  • Terlalu sering menggunakan alat penataan rambut seperti catok (untuk mengeritingkan atapun meluruskan)
  • Berlebihan dalam menggunakan produk penata rambut seperti gel, serum ataupun hairspray
  • Mencuci rambut dengan air panas
  • Menggunakan sisir kualitas rendah, pin, dan ikat kepala
  • Kurang rutin melakukan pemeliharaan rambut seperti trimming
  • Terlalu sering menggunakan produk berbahan kimia seperti semir rambut, dll
  • Tidak meminyaki rambut dengan benar
  • Terlalu sering terkena air yang tercampur klorin (seperti air pada kolam renang)



Baca juga:
Perawatan Rambut Alami Agar Sehat Bercahaya
Perawatan Rambut Saat Musim Panas

Cara Merawat Rambut Bercabang Secara Alami

1. Bilasan Telur
Cara pertama adalah dengan menggunakan bilasan telur.

Untuk membuatnya anda membutuhkan 1 ons bunga rosemary segar, air panas secukupnya, dan 1 butir telur.

Rendam bunga rosemary dalam air panas sekitar 20 menit, lalu saring untuk diambil airnya saja, biarkan hingga dingin. Setelah dingin, masukkan telur dan aduk hingga merata. Siramkan pada rambut sambil dipijat-pijat, biarkan beberapa saat, lalu anda bisa keramas seperti biasa.

2. Masker Pepaya
Cara kedua untuk mengatasi rambut bercabang adalah dengan menggunakan masker rambut dari buah pepaya. Yang anda butuhkan tentunya buah pepaya - harus benar-benar matang, dan secukupnya saja sesuai panjang rambut anda.

Pertama hancurkan buah pepaya dengan mixer / blender, masukkan setengah cangkir yogurt tawar (plain yogurt), lalu blender lagi hingga benar-benar tercampur rata. Balurkan masker secara merata pada rambut sambil dipijat-pijat, biarkan selama 30 menit atau lebih, lalu bilas bersih rambut anda dengan air biasa.

3. Kondisioner dari Minyak Jarak
Minyak jarak memiliki banyak sekali kegunaan. Dan dalam kaitannya dengan perawatan rambut bercabang, anda bisa mencampurnya dengan minyak zaitun, lalu oleskan pada rambut secara merata. Bungkus rambut anda dengan handuk, dan biarkan selama 30 menit. Setelah itu anda dapat melakukan keramas seperti biasa.

4. Madu
Madu sangat baik bila digunakan sebagai perawatan rumahan untuk mengatasi rambut kering dan pecah-pecah. Khasiatnya akan semakin berlipat-lipat jika anda mencampurnya dengan dadih (sejenis yogurt tradisional yang terbuat dari susu kerbau – sangat umum di sebagian wilayah Indonesia).

Anda hanya perlu mencampurkan setengah cangkir dadih dengan 1 sendok makan madu asli, lalu oleskan secara merata pada rambut anda, utamakan bagian ujung rambut terlebih dahulu. Biarkan selama 20 menit, lalu bilas bersih hanya dengan menggunakan air saja. Metode ini sekaligus akan membuat rambut anda tampak berkilau dan cantik!

5. Minyak Zaitun Hangat
Jika sebelum-sebelumnya minyak zaitun digunakan sebagai campuran, kali ini hanya khusus menggunakan minyak zaitun saja untuk menghilangkan rambut bercabang anda.

Pertama,tuangkan minyak zaitun secukupnya dalam gelas, lalu rendam gelas dalam air panas sebentar saja. Jika dirasa minyak sudah cukup hangat, balurkan secara merata pada rambut kering anda sambil dipijat-pijat. Lalu bungkus rambut anda dengan handuk atau topi mandi, biarkan selama 30 menit, lalu anda bisa keramas seperti biasa.



Dua Metode Berikut Adalah Yang Paling Saya Favoritkan

cara favorit saya mengatasi rambut bercabang6. Masker Alpukat
Jika anda sering mengkonsumsi buah ini, anda mungkin akan menyadari jika kulit dan rambut anda menjadi sangat lembut karenanya.

Untuk anda ketahui, minyak alami yang terdapat dalam buah alpukat memang sangat istimewa untuk perawatan rambut dan kulit. Khusus untuk mahkota anda, masker alpukat sangat sering direkomendasikan sebagai cara mengatasi rambut kering dan bercabang.

Saya pribadi memfavoritkan cara ini karena sangat mudah dan hasilnya benar-benar nyata.

Langkah pertama, hancurkan daging buah alpukat secukupnya (sesuaikan dengan panjang rambut), lalu tambahkan sedikit saja minyak zaitun. Basahi rambut anda dengan air secukupnya (jangan sampai terlalu basah), lalu oleskan masker ini secara merata pada rambut anda, fokuskan pada bagian ujung rambut. Biarkan sekitar 15 menit hingga setengah jam, lalu bilas bersih dengan air biasa.

7. Minyak Kelapa
Cara menghilangkan rambut bercabang secara alami berikutnya yang menjadi favorit saya adalah dengan minyak kelapa. Ini adalah metode yang diajarkan oleh almarhumah Oma saya.

Yang terbaik untuk dipakai yaitu minyak kelapa ‘extra virgin’, harganya memang cukup mahal, namun anda bisa membuatnya sendiri.

Caranya:
  • Peras santan kelapa, tempatkan dalam wadah, biarkan setengah hari, nanti akan terpisah antara minyak pada bagian atas dan air di bagian bawah. Minyak itulah yang anda ambil untuk digunakan.

Cara memakainya cukup hanya dengan mengoleskan minyak kelapa tersebut pada rambut anda dalam keadaan kering, gunakan lebih pada bagian ujung rambut. Tidak perlu banyak-banyak menggunakannya. Saya hanya memakai sekitar 2 sendok makan untuk rambut saya.

Minyak kelapa sangat mudah diserap oleh rambut dan berfungsi untuk menguatkan, melembabkan, mencegah rambut pecah-pecah, dan mempercepat pertumbuhan rambut. Setelah dibiarkan sekitar setengah jam, anda dapat melakukan keramas seperti biasa.




8. Teh Chamomile
Teh chamomile memiliki sifat menenangkan dan sangat baik untuk memperbaiki rambut pecah-pecah, sekaligus dapat meluruskan rambut secara alami.

Untuk menggunakannya, seduh 2 atau 3 kantong teh chamomile dalam air panas secukupnya. Setelah cukup dingin, siramkan air seduhan itu ke rambut anda, biarkan selama setidaknya setengah jam atau lebih. Lalu anda dapat membilas rambut anda dengan air biasa dan menggunakan kondisioner.

9. Makan Sumber Lemak Sehat
Seperti yang telah sedikit saya singgung diatas, makanan juga berpengaruh dalam usaha anda untuk mengatasi masalah rambut bercabang. Ini akan membantu memperbaiki kondisi rambut anda dari dalam.

Beberapa pilihan yang dianggap baik dan banyak disarankan adalah biji rami, alpukat, kacang almond, dan kacang mete. Cobalah untuk lebih sering mengkonsumsi makanan-makanan tersebut dan lihat sendiri bagaimana hasilnya!

10. Minyak Argan
Yang terakhir ini adalah cara paling cepat untuk menghilangkan rambut bercabang yang anda miliki tanpa harus dipotong. Minyak argan mengandung berbagai nutrisi sehat yang membantu memperbaiki, menguatkan, melembabkan, dan mencegah rambut anda pecah-pecah serta bercabang. Hasilnya juga benar-benar efektif dan segera dapat anda lihat. Selain itu minyak ini juga bisa membantu melembutkan rambut yang kaku.

Tips Untuk Mencegah Rambut Bercabang dan Pecah-Pecah

  • Jangan menyisir rambut dalam keadaan basah
  • Hindari penggunaan produk-produk penataan rambut secara berlebihan
  • Tutup rambut anda dengan topi, bandana, atau scarf saat akan keluar
  • Lakukan pemangkasan pada ujung rambut secara rutin setiap 2 bulan sekali
  • Gunakan sisir rambut yang berbahan nilon dan bergigi agak lebar
  • Gunakan kondisioner 2 hingga 3 kali seminggu
  • Jangan gunakan air panas saat mencuci rambut anda
  • Pertahankan kelembaban pada rambut anda dengan rutin meminyakinya
  • Minum banyak air

Sebenarnya masih ada banyak lagi cara mengatasi rambut bercabang secara alami lainnya yang disarankan oleh para ahli kecantikan herbal. Namun pilihan-pilihan yang telah saya tuliskan diatas saya anggap sebagai metode-metode terbaik yang dapat anda coba. Itu semua dapat membantu menjaga kesehatan dan keindahan rambut anda, juga bisa diterapkan pada semua jenis rambut.

Jika anda memiliki cara lain yang juga efektif dan telah 100% terbukti, silahkan tuliskan dalam kolom komentar. Atau terserah berkomentar apa saja berkenaan dengan topik pada artikel diatas. Saya pasti akan menanggapi setiap komentar.

Dan sebagai akhir kata dari saya, selamat mencoba!

Bantu saya untuk membagikan artikel diatas karena pasti akan bermanfaat bagi orang lain, terima kasih...

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »

3 komentar

Tulis komentar
20.51 delete

Informasinya lengkap sekali, sayang ingin coba dengan cara yang di favoritkan sampean..

Balas
avatar
Sandra Japa
AUTHOR
18.18 delete

Silahkan...

Mau dicoba yang mana aja sama. Semuanya ampuh untuk mengatasi rambut bercabang.

Balas
avatar
01.31 delete

Bagus mbak penjelasannya tentang perawatan rambut bercabang...mulai dari yang mana ini yang lebih bagusnya??

Balas
avatar