Fair and Lovely Bahaya! Benarkah?

03.21
Beberapa orang yang sedang mencari whitening cream terbaik memiliki pertanyaan apakah produk fair and lovely bahaya untuk dipakai. Atau, apa produk ini benar-benar terbukti dapat mencerahkan kulit? Bagaimana cara kerjanya? Dll.

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas, tentunya kita harus melihat bahan-bahan yang digunakan/terkandung dalam krim tersebut. Namun sebelum melangkah ke sana, penting sekali bagi anda untuk mengetahui apa saja bahan berbahaya yang harus anda hindari dalam krim yang berfungsi untuk memutihkan kulit.

apakah fair and lovely bahaya atau aman untuk digunakan

Seperti yang telah saya jelaskan dalam artikel sebelumnya mengenai krim pemutih wajah, kita harus teliti sebelum membeli. Tidak semua krim pemutih aman untuk digunakan. Banyak sekali produsen nakal yang memanfaatkan kebiasaan masyarakat kita yang menyukai hal-hal yang bersifat ‘Instan’. Jadi jangan heran jika mayoritas krim pemutih wajah dan kulit yang beredar di pasaran mengandung berbagai bahan berbahaya.

Lalu bagaimana dengan Fair & Lovely?

Mari kita membahasnya lebih lanjut – sehingga anda dapat memutuskan apakah anda layak mencobanya atau tidak.

Review Untuk Fair and Lovely


Baca juga:
5 Kesalahan Makeup Yang Paling Umum
Tips Kecantikan Kulit dan Rambut Tradisional

Beberapa agen pemutih kulit yang dianggap berbahaya dan seringkali digunakan secara berlebihan pada produk krim pemutih adalah:

Hydroquinone – diperbolehkan tidak lebih dari 2%. Dipercaya bersifat karsinogenetik (dapat menyebabkan kanker).

Clobetasol – diperbolehkan dalam pengawasan ketat. Berdasarkan sebuah artikel yang dimuat di New York Times, penggunaan jangka panjang dari krim pemutih yang mengandung bahan ini dapat membuat kulit menjadi tipis, mudah memar, hipertensi, kenaikan gula darah, dan munculnya stretch mark.

Merkuri – diperbolehkan namun tidak lebih dari 0,0001%. Jepang bahkan melarangnya sama sekali. Dan bahan yang sangat merusak kesehatan ini adalah yang paling banyak terkandung dalam krim-krim pemutih wajah yang beredar di pasaran Indonesia.

Bagaimana dengan Fair and Lovely, apa bahan-bahan berbahaya di atas terdapat di dalamnya?

Berdasarkan keterangan dari web resmi mereka, tidak sama sekali. Namun begitu, perusahaan tersebut memproduksi beberapa jenis versi krim yang berbeda – seperti Fair and Lovely Multivitamin Cream, dll – yang tentu harus kita teliti satu per satu.

Berdasarkan keterangan pada kemasan, tidak satupun bahan berbahaya yang saya cantumkan di atas terdapat dalam produk ini. Yang perlu anda ketahui adalah, produk tersebut mengandung tocopheryl acetat dan pyridoxine hydrochloride – dimana terdapat kekhawatiran jika ini dapat menyebabkan reaksi alergi kontak dermatitis.

Khusus mengenai alergi, produk fair and lovely juga mencantumkan parfum sebagai salah satu bahannya. Jadi bagi anda yang memiliki kulit sensitif, kombinasi antara 2 bahan tadi ditambah dengan parfum inilah yang mungkin membuat kulit anda terasa panas dan gatal setelah memakai produk tersebut.

Secara keseluruhan, tidak ada hal yang sangat berbahaya yang terkandung dalam produk tersebut (berdasarkan keterangan yang dicantumkan produsen).


Lalu se-efektif apakah produk tersebut dalam memutihkan dan mencerahkan kulit?

Pada bagian FAQ anda bisa membaca jika kombinasi antara vitamin B3 (niacinamide) dan tabir surya inilah sebenarnya yang diandalkan untuk melindungi dan mencerahkan kulit. Berdasarkan sebuah penelitian, niacinamide diketahui dapat menurunkan hiperpigmentasi dan meningkatkan kecerahan kulit. Cara kerjanya adalah dengan menghambat perpindahan melanosom.

Ini mungkin berita baik bagi anda yang sudah terbiasa menggunakan Fair and Lovely dan tidak mengalami reaksi alergi (panas dan gatal) pada kulit anda – bahwa produk ini tidak mengandung bahan berbahaya.

Dan bagi anda yang masih bingung, semoga penjelasan yang saya sampaikan di atas dapat dijadikan sebagai masukan. Saran saya, pilihlah produk yang memang benar-benar sesuai dengan tipe kulit anda. Dan jangan lupakan pula cara-cara alami dan tradisional – karena pada dasarnya juga sama efektifnya. Hanya perlu ketelatenan saja.

Ingat!

Yang paling utama itu bukan memiliki kulit wajah atau tubuh yang putih, namun memiliki kulit yang sehat, halus, dan bersih. Have a nice day Ladies!

Bantu bagikan artikel diatas... karena pasti akan bermanfaat bagi orang lain, terima kasih...

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »

8 comments

Tulis comments
caem aja
AUTHOR
22.06 delete

malam...saya bru mcoba fair n lovely 2hri...dan saya mersakan gatal dwajah dan leher...msh boleh dlnjutkan pemakaian atw hentikan saja???terima kasih

Balas
avatar
Unknown
AUTHOR
21.03 delete

Saya juga pake itu..tapi pas saya pake itu, wajah saya kaya ada putih²/tratak.gitu

Balas
avatar
Unknown
AUTHOR
13.58 delete

Saya mau cerita sedikit
Saya memang pengguna fair&lovely tp punya saya sempet abis, lalu saya beli lagi yg baru.
Tapi anehnya fair&lovely yg baru saya beli pas dipakai malah panas,dan muka saya pd bentol merah kecil😭
Tolong dong diperbaiki, jangan sampai customer kecewa😭

Balas
avatar
Anonim
AUTHOR
22.55 delete

Aku udah 5thn pake fair&lovely, Alhamdulillah abis make kerasa enak aja. Malah kalo pakai yang lain bentuknya cair jadi keliatan berminyak ��

Balas
avatar
Unknown
AUTHOR
21.53 delete

Mau mencoba pakai tapi gajadi jadi karena takut gacocok dan muncul jerawat.

Balas
avatar
Anonim
AUTHOR
18.03 delete

Btw pertama kali pkai fair & lovely ga nyangka bisa cocok, cream nya itu ringan di muka, langsung meresap ke kulit. Kebetulan saya tinggal di Singapore dan yg saya pkai produk buatan India (Unilever India) .Recommend banget!!

Balas
avatar
12.53 delete

Saya termasuk pengguna fair and lovely udah 5tahun pake cream ini. Alahamdulillah cocok sampai skrg iritasi pun belom pernah..mngkin kulit saya cocok aja kali ya 😂

Balas
avatar
Unknown
AUTHOR
22.07 delete

Saya memakai glow and lovely baru 3 hari sabun dan cream pelembabnya pas saya pake cream pelembabnya wajah saya memerah dan muncul bintik²kcil warna merah

Balas
avatar